Sebuah Perkawinan Cerita Barat Klasik dan Science Fiction

Bosan dengan pertempuran koboi dan indian? atau bosan dengan pertempuran alien melawan predator? Maka gabungkan saja keduanya. Itulah yang Jon Favreau tawarkan dalam “Cowboys & Aliens”, sebuah perkawinan antara film barat klasik dengan science fiction.

Seorang pria bernama Jake Lonergen (Daniel Craig) terbangun di tengah padang pasir tanpa ingatan dengan sebuah gelang besi menempel di lengannya. Tidak mengingat apapun, Jake pergi ke sebuah kota terpencil bernama Absolution untuk merawat luka-luka di tubuhnya sekaligus mencari ingatan tentang dirinya. Di sana dia ditolong oleh seorang pengkhotbah lokal bernama Meacham (Clancy Brown) dan bertemu dengan seorang wanita misterius bernama Ella Swenson (Olivia Wilde) yang sangat tertarik dengan gelang yang dipakai Jake. Sayangnya, Jake dikenali oleh Sheriff Taggart (Keith Carradine) sebagai  buronan kelas kakap dan dia pun dimasukkan ke penjara bersama dengan Percy Dolarhyde (Paul Dano) yang suka membuat kerusuhan di kota.

Malam ketika Jake dan Percy hendak dibawa ke pengadilan setempat, Woodrow Dolarhyde (Harrison Ford), seorang peternak kaya yang merupakan ayah Percy, bersama anak buahnya datang ke sana hendak mengambil Percy dan Jake dari tahanan karena Jake dituduh telah mencuri emas milik Woodrow. Tiba-tiba, sebuah armada pesawat alien berteknologi  tinggi menyerang kota tersebut dan membuat kacau balau seisi kota. Banyak penduduk kota yang diculik oleh pasukan alien tersebut termasuk Sheriff Taggart dan Percy. Jake jadi menyadari bahwa gelang besi di tangannya memiliki kemampuan seperti pistol namun dengan kekuatan yang sangat besar hingga dapat menghancurkan salah satu pesawat alien.

Pagi harinya, penduduk kota menyusun sebuah tim untuk mencari dan merebut kembali penduduk kota yang telah diculik oleh alien. Jake yang ingin mendalami kebenaran tentang dirinya, Ella yang ingin mengikuti Jake, Woodrow yang ingin menyelamatkan Percy, seorang anak kecil bernama Emmett Taggart (Noah Ringer) yang ingin menemukan kakeknya dan seorang pemilk bar bernama Doc (Sam Rockwell) yang ingin mencari istrinya.

Sepanjang perjalanan, mereka menemukan kebenaran-kebenaran yang tak terbayangkan seperti masa lalu Jake yang ternyata merupakan mantan perampok dan identitas sebenarnya dari Ella. Mereka juga bertemu dengan sekelompok indian yang mengalami nasib sama dengan mereka dengan kebencian yang sama pula terhadap alien-alien yang telah membuat onar. Bersama-sama, mereka bersatu menyusun pembalasan terhadap makhluk luar angkasa yang telah mengganggu ketenangan hidup mereka sekaligus menyelamatkan orang-orang yang mereka cintai.

Mungkin anda pernah takut melakukan suatu pertandingan atau pertarungan karena lawan anda yang jauh lebih kuat dan powerful di atas kemampuan anda namun itu semua tentunya berbeda jika pertarungan itu menentukan hidup mati anda atau nasib dari orang yang anda cintai. Itulah yang para koboi dan indian dalam film ini tunjukkan, mereka tidak takut mati walaupun mereka harus berhadapan dengan para alien yang kekuatan serta teknologinya jauh di atas mereka demi menolong keluarga serta sahabat mereka. Ada kalanya kekuatan muncul karena cinta kasih, bukan hanya karena kebencian.

Film ini membuat saya kaget beberapa kali ketika menontonnya. Mungkin film ini cocok jika anda suka kejutan-kejutan kecil yang membuat jantung anda berdebar sesaat. Sosok alien pun dibuat samar-samar di awal film untuk membuat penonton penasaran seperti halnya film-film alien lain. Bagi yang suka film action, adegan tembak-tembakan serta darah cukup mewarnai film khususnya bagian ketika pertempuran terakhir para koboi dan indian menyerbu markas alien.

Untuk ceritanya, tidak ada yang terlalu spesial. Alurnya sangat mudah ditebak dan ceritanya sangat mirip film-film koboi tahun 60-an namun musuhnya diganti alien. Mungkin Daniel Craig dan Harrison Ford dapat menjadi salah satu daya tarik film mengingat kekaliberan mereka dalam berakting namun tidak ada suatu kelebihan yang ditunjukkan mereka dari perannya di film ini dan saya pikir agak lucu melihat sosok James Bond dan Han Solo memakai topi koboi serta berpakaian lusuh sambil mengendarai kuda.

Meacham :

“Only two kinds of men get shot

criminals and victims

which one are you?”

Jake : “I don’t know”

Meacham : “You got a name, friend?”

Jake : “I don’t know that either”

Meacham : “Just what do you know?”

Jake : “English”

Normal

Normal

Movie Ticket

Iklan

Mohon komentarnya, setelah membaca posting ini.. :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s